Friday, December 16, 2005



Prita itu nama gadisnya Dewi Kunthi...
Kata Mama waktu membelikan buku-buku cerita wayang
sebagai hadiah kenaikan kelas 3 SD.

Dan mulailah saya menelusuri cerita Mahabharata dan cerita wayang lainnya.
Mencoba memahami Kunthi, sang permaisuri raja Pandu dan ibu Pandawa Lima, ksatria besar dalam pertempuran Kurusetra.
Kisah demi kisah saya baca, tapi tokoh favorit saya tetap Shakuntala.
Sosok yang anggun, lembut, penuh pengabdian dan digilai laki-laki.
Saya nggak mengerti kenapa Mama nggak menamai saya Shakuntala atau apalah
yang identik dengan figur Shakuntala.

Suatu saat bertahun-tahun kemudian...
Saya sudah menjadi seorang copywriter.
Seorang dalang multitalented menulis dalam cover CD album barunya yang saya beli.

Pertahankan bernama Prita. Prita itu nama lain dari Kunti.
Dalam wayang Kunti itu poliandris, tapi juga sangat keibuan.
Ambil keibuannya aja deh, hehe...

Dek!

Mulailah saya melihat Kunthi dari sisi lain.
Dari dalang ini pula dan komunitas seni yang saya geluti, saya mendapat gambaran lebih utuh tentang Kunthi.
Betapa ia seorang wanita ambisius yang dengan 'aji-aji'nya bisa memanggil dewa-dewa, digilai mereka bahkan sampai memiliki anak dengan mereka.
Bahwa Pandawa sebenarnya bukan anak-anak Pandu tapi Dewa Surya, Dewa Bayu, dll.

No wonder she is called poliandris. Sounds bitchy, eh?

Tapi dengan segala 'kebusukan' nya itu, toh, ia melahirkan anak-anak yang hebat.
Dengan segala ke'bitchy'annya ia tetap dikenang sampai sekarang sebagai salah seorang perempuan hebat dalam cerita perwayangan.

Perlahan-lahan figur Shakuntala mulai pupus.
Saya ingin jadi Kunthi saja.
Yang berani menerima dirinya apa adanya
Yang berani melihat kenyataan hidup sebenar-benarnya, punya spirit tinggi serta keberanian untuk mencoba sesuatu di luar dirinya (berani manggil dewa-dewa gitu loh!).
Dan di atas itu semua, melahirkan anak-anak hebat yang prestasinya mengukir sejarah.

Barangkali itu yang dimaksud dengan 'Ambil keibuannya aja deh...'
Terima kasih EKI dan Mas Tejo!

Ini sebabnya saya membuat blog ini.
Supaya punya 'diary' yang bisa mencatat sepak terjang dan sejarah saya (narsis banget sih)

Have a nice weekend!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home